klinik operasi lutut jakarta

5 Cara Pengobatan Untuk Osteoarthritis

Osteoarthritis atau pengapuran sendi atau nyeri sendi adalah penyakit yang dapat menyerang sendi bagian manapun. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang dengan usia di atas 50 tahun dan menyerang pada bagian sendi lutut. Jika masih berada di tingkat stadium awal, penyakit ini masih dapat diobati salah satunya dengan obat-obatan. Tetapi jika sudah di stadium akhir, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan operasi. Dibutuhkan konsultasi dengan dokter untuk melakukan tindakan operasi. Untuk Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter di klinik operasi lutut jakarta untuk mendapatkan tindakan yang terbaik.

Selain 2 tindakan pergobatan tersebut, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah 5 cara pengobatan untuk osteoartritis.

  • Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan nyeri arthritis tanpa obat. Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, kesehatan tulang, kesehatan otak, dan pengendalian berat badan. Anda dapat mencoba olahraga dalam kategori peregangan, latihan kekuatan dan aerobik. Jenis olahraga ini adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri sendi dan mengurangi kerusakan sendi. Olahraga juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan sehingga tekanan pada persendian akan berkurang.

  • Obat-obatan

Beberapa obat pereda nyeri dapat membantu nyeri sendi. Obat yang dijual bebas di pasaran dan umumnya dapat digunakan untuk nyeri sendi adalah aspirin dan ibuprofen. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat-obatan tersebut. Beberapa obat oles seperti krim, salep, atau gel juga dapat meredakan nyeri ringan pada persendian yang sakit. Gunakan pada kulit di atas sendi sambil mengonsumsi obat pereda nyeri untuk rasa sakit dan kaku secara umum. Ada juga beberapa obat-obatan resep dokter yang dapat membantu untuk mengurangi sakit pada osteoarthritis.

  • Pengobatan Alami

Beberapa herbal dan suplemen seperti capsaicin, biji rami, jahe, ginkgo, dan kunyit dikatakan baik untuk osteoarthritis. Penelitian telah menunjukkan bahwa herbal tersebut dapat meredakan nyeri ringan dan dapat dicoba jika Anda tidak dapat mentoleransi obat nyeri lainnya. Pengobatan alami lainnya termasuk akupunktur, pijat, bantalan pemanas, dan kompres es. Mengurangi stres dengan tetap positif juga dapat membantu.

  • Terapi Fisik

Latihan terapi fisik dapat membuat otot-otot di sekitar sendi lebih kuat, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan jangkauan gerak. Untuk melakukan terapi fisik biasanya dibantu oleh terapis. Terapis juga dapat membantu memasangkan penopang untuk menopang persendian Anda atau menyarankan sisipan sepatu yang juga dapat membantu menghilangkan tekanan.

  • Operasi

Jika Anda telah mencoba beberapa pengobatan seperti yang disebutkan di atas dan kondisi sendi Anda tetap tidak membaik atau hanya baik untuk sementara maka dokter Anda mungkin menyarankan operasi. Dokter akan berbicara tentang apa yang dapat dilakukan untuk situasi Anda. Prosedur operasi ini dapat menghilangkan rasa sakit dan memungkinkan mobilitas yang lebih baik.

Itulah lima cara pengobatan untuk penderita osteoarthritis yang dapat Anda lakukan. Segera lakukan konsultasi dengan dokter jika Anda sudah merasakan osteoarthritis yang parah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *