asuransi kesehatan

6 Trik Pemilihan Asuransi Kesehatan 2023

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang utama dan setiap orang wajib untuk memilikinya. Hal ini menilik semakin mahalnya biaya kesehatan di rumah sakit Indonesia maupun layanan kesehatan lainnya. Sehingga kalau tidak kita persiapkan dengan baik, maka akan mengacaukan rancangan keuangan atau finansial yang kita miliki. Bahkan bisa-bisa anggaran yang sebenarnya untuk berlibur jadi masuk ke anggaran biaya periksa kesehatan.

Jika kamu masuk ke generasi millennial atau generasi Z maka sudah saatnya kamu punya asuransi kesehatan untuk jaminan masa depan kamu. Tapi biasanya asuransi seperti ini sudah diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Nah jika kamu belum punya asuransi, maka berikut kita akan bahas tipe asuransi kesehatan yang harus kamu pilih.

Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik yang Harus Kamu Pilih

Adapun berikut ini beberapa cara memilih asuransi kesehatan yang merupakan layanan atau produk dari perusahaan asuransi. Kamu tinggal pilih, jika asuransi dari pemerintah maka bisa pilih BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan atau asuransi swasta dengan produk yang lebih bermacam-macam.

Berikut ini kriteria yang harus kamu perhatikan saat menentukan asuransi kesehatan yang akan kamu gunakan:

  • Cashless

Memasuki 2023 tentu pembayaran atau transaksi banyak yang berlangsung secara cashless. Termasuk asuransi, dimana metode klaimnya yang mana pembayarannya memakai kartu ATM saja. Kamu atau keluarga kamu hanya cukup mengeluarkan kartu asuransi dan menggeseknya saja untuk proses pembayaran dan tagihan pun bisa lunas.

Sebagai catatan transaksi asuransi cashless hanya bisa berlangsung pada rumah sakit yang telah bekerjasama dengan perusahaan yang menaungi asuransimu.

  • Punya jaringan dengan banyak rumah sakit

Sebelum kamu memutuskan sebaiknya kamu juga periksa jaringan perusahaan asuransi tersebut dengan rumah sakit yang ada di daerahmu. Baik itu rumah sakit kecil maupun rumah sakit daerah. Karena itu bisa menjadi tanda kalau jangkauan dari asuransi yang kamu pakai itu luas dan bisa kamu pakai di rumah sakit dimanapun kamu berada. Dengan begitu kamu juga bisa merasa lebih aman karena semua sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Plafon dan Premi bisa disesuaikan

Sebuah plafon yang ideal tentunya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan maupun kebutuhanmu. Gambarannya kalau kamu ambil skema rendah maka ketika rawat inap akan ada biaya lagi yang harus kamu keluarkan sebagai tambahan biaya yang tidak dicover asuransi.

Nah ada baiknya kamu pilih plafon dan premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, jangan sampai pilihanmu malah merugikan atau memberatkan kamu.

  • Pilih asuransi kesehatan yang berdiri sendiri

Ada baiknya kamu memilih asuransi kesehatan yang bukan rider asuransi jiwa unit link. Unit link itu artinya premi yang kamu bayarkan akan digunakan untuk asuransi jiwa, investasi, dan asuransi kesehatan. Sehingga porsi asuransi kesehatan pun menjadi kecil, akhirnya banyak kebutuhan yang tidak tercover.

Di dalam asuransi kesehatan yang berdiri sendiri, preminya jauh lebih murah tetapi nilai pertanggungannya akan menjadi lebih tinggi.

  • Memprioritaskan rawat inap

Saat memilih asuransi sebaiknya kamu memprioritaskan biaya untuk rawat inap. Karena seperti yang kita tau biaya kesehatan yang ditanggung asuransi meliputi rawat jalan dan rawat inap. Rawat inap itu biayanya jauh lebih besar daripada biaya rawat jalan. Malah bisa juga nanti jika kurang bisa mengambil tambahan asuransi rawat jalan yang ada.

  • Pahami masa tunggu penyakit

Dalam penggunaan asuransi kesehatan biasanya punya syarat untuk mencairkan dananya. Dan itu tergantung pada penyakit yang kamu derita. Karena beberapa penyakit tidak bisa kamu klaim selama jangka waktu tertentu dan melihat masa berlaku asuransi juga. Misalnya perusahaan asuransi A mempunyai ketentuan penyakit asthma, TBC, batu ginjal baru bisa klaim setelah 12 bulan. Oleh karena itu wajib kamu tanya ke pihak asuransi masa tunggu dari masing-masing penyakit.

Informasi-informasi di atas bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan mau menggunakan asuransi kesehatan yang mana. Kalau bisa kamu punya lebih dari satu perusahaan asuransi yang menyediakan produk yang sama untuk perbandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *