Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini

8 Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini

Sudah fitrah perempuan itu ingin terlihat cantik walaupun usianya bertambah, menua itu pasti akan tetapi, maukah anda memiliki wajah dan kulit yang tetap awet muda walaupun usia anda tidak lagi muda. Dapatkah anda bayangkan walaupun usia pernikahan anda sudah lama, akan tetapi hubungan anda tetap harmonis, karena anda terus terlihat cantik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini.

Memang betul bahwa orang yang tulus mencintai kita tentunya tidak akan melihat kita secara fisik. Tapi pasti anda ingin juga dong membuat pasangan anda terus bahagia dan terus senang melihat anda yang tetap cantik dari hari ke hari. Untuk itu mari kita pelajari Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini.

Penyebab penuan dini antara lain

1. Faktor usia

Seiring dengan bertambahnya usia maka sel-sel tubuh kita akan mengalami perlambatan regnerasi sel. Maka dari itu tubuh atapun kulit kita membutuhkan nutrisi yang lebih untuk menjaga regnerasi sel kulit.

2. Kosmetik

Kosmetik juga dapat menyebabkan penuaan dini, dikarenakan kosmetik memiliki zat-zat yang akan menyebabkan kulit menjadi jenuh. Maka dari itu sebaiknya penggunaan kosmrtik dihindari, apabila memang tidak perlu.

3. Paparan sinar matahari

Juga dapat proses terjadinya penuaan dini, karena itu kita harus menggunakan sunscreen ataupun sunblock apabila kita berada di luar rumah ataupun terkena paparan sinar ultraviolet.

4. Dehidrasi

Dapat menyebabkan sel-sel kita menjadi kurang cairan sehingga menyebabkan proses penuaan semakin cepat. Maka dari itu dianjurkan untuk konsumsi air atau minuman itu lebih dari 1 liter per hari.

5.Merokok

Dapat juga menyebabkan penuaan dini, diakibatkan rokok mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita dan juga untuk kulit.

6. Diet

Diet yang ketat dapat mempermudah timbulnya keriput, dikarenakan diet yang terlalu ketat itu juga akan mengalami defisiensi vitamin dan mineral, sehingga kulit kita akan mudah keriput. Idealnya diet diiringi dengan memperhatikan asupan nutrisi dan vitamin.

7. Gerakan wajah

Juga dapat mempercepat timbulnya keriput, untuk hal ini kita dapta mencegahnya dengan melakukan senam yoga untuk wajah.

8. Kopi

Sebagian orang percaya bahwa kopi dapat menyebabkan efek penuaan dini, kafein yang terkandung di dalam kopi akhir-akhir ini juga sering dijadikan bahan pencampur kosmetik. Terutama kosmetik-kosmetik yang bertujuan untuk menghilangakn efek kantung mata. Jadi untuk anda yang memang senang mengkonsumsi kopi, tidak perlu khawatir apabila memang mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

Tips Mencegah Penuaan Dini antara lain:

1. Pastikan asupan cairan anda per hari itu melebihi standar minimal yaitu 2 liter per hari, tidak hanya kulit anda yang akan terhidrasi tetapi tubuh anda juga akan ikut lebih sehat.

2. Anda diwajibkan untuk memperbaiki pola makan, hindarilah makan terlalu berlebih, hindari makan yang banyak mengandung karbohidrat juga gula, hindari konsumsi daging merah terlalu banyak, dan diharuskan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di setiap harinya.

3. Usahakan istirahat yang cukup agar menghindari terproduksinya hormone yang dpat memicu terjadinya penuaan dini.

4. Olahraga secara teratur, karena selain olahraga itu dapat meperbaiki sirkulasi darah, olahraga juga dapat membantu untuk memproduksi holagen menjadi lebih cepat.

5. Gunakan selalu sunscreen ketika anda akan beraktivitas di luar rumah, tetapi juga anda dapat menggunakannya ketika anda akan terpapar oleh panas seperti anda ketika akan memasak atau ketika anda berada di ruangan dengan intensitas panas dan cahaya lampu yang banyak.

6. Hindarilah konsumsi rokok dan alkohol, karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan juga produksi holagen menjadi terhambat.

7. Lakukanlah konsultasi perawatan kulit kepada ahlinya

8. Hindari terlalu sering mandi menggunakan air hangat, karena air hangat dapat membuat kulit anda menjadi lebih kering.

Demikian tadi pembahasan kita tentang beberapa Penyebab dan Cara Mencegah Penuaan Dini, semoga bermanfaat khusnya untuk kaum hawa.Untuk mendapatkan info lebih banyak tentang kecantikan dan kesehatan blog hermi hidayati adalah web yang tepat, maka kunjungi situs hermihidayati.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *