asuransi perjalanan luar negeri

Apakah Asuransi Perjalanan Luar Negeri Bisa Ganti Rugi Paspor Hilang?

Saat berkunjung ke negara lain, paspor adalah tanda pengenal pengganti Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Jika paspor kamu hilangkan, maka sama saja kamu akan kehilangan identitas di negara orang. Hal ini tentu saja sangat membahayakan, kamu bahkan bisa dikenakan denda dan penangguhan paspor pengganti.

Kejadian seperti itu perlu kita waspadai, karena bisa menimpa siapa saja yang ceroboh dan lalai dalam menyimpan paspor. Maka untuk mengamankan hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dan liburan, ada baiknya memang kamu sudah punya asuransi perjalanan. Karena biasanya dalam polis asuransi perjalanan luar negeri bisa mengcover pengurusan dokumen yang hilang termasuk paspor.

Jenis-Jenis Paspor Perjalanan Luar Negeri

Saat kamu akan memasuki perbatasan suatu negara, paspor akan diberikan segel oleh pertugas imigrasi dari negara tersebut. Di Indonesia ada enam jenis paspor yang dibelakukan, namun ada tiga yang paling popular, yaitu:

  1. Paspor Reguler

Paspor ini berwarna sampul hijau yang bisa kamu gunakan untuk perjalanan regular yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi di Indonesia.

  1. Paspor Diplomatik

Paspor ini berwarna sampul hitam dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri. Tanpa pengenal digunakan untuk idetifikasi perwakilan diplomatik dari suatu negara. Bahkan pemegang paspor ini bisa mendapat kekebalan hukum dan perlakukan khusus.

  1. Paspor Resmi/Dinas

Merupakan paspor untuk kalangan teknisi ataupun petugas administrasi dari kedutaan atau konsulat yang melaksanakan tugas ke luar negeri. Mereka yang memegang paspor ini memperoleh perlakuan khusus dan melebihi mereka yang memegang paspor biasa.

Sedangkan tiga jenis lainnya meliputi paspor orang asing, paspor haji dan umroh, serta paspor kelompok. Tanda pengenal ini harus kamu jaga dengan baik, karena banyak kasus mereka yang sedang perjalanan ke luar negeri kehilangan identitas ini.

Cara Klaim Paspor Hilang di Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Kehilangan paspor masuk dalam kategori dokumen perjalanan yang bisa kamu klaim kerugiannya di asuransi perjalanan luar negeri. Sama seperti pengajuan klaim pada umumnya berikut ini langkah yang bisa kamu tempuh:

  • Cek seluruh barang bawaanmu, pastikan apakah paspor benar-benar hilang atau kamu hanya lupa menaruhnya dimana.
  • Laporkan ke kantor polisi terdekat, mereka akan membantu mencari paspormu yang hilang atau dengan jalan membuatkan surat hilang.
  • Laporkan juga ke kedutaan bahwasannya paspor kamu telah hilang. Sehingga mereka akan membantu kamu mengurus pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor sebagai paspor pengganti.
  • Lakukan klaim asuransi perjalanan luar negeri karena paspor masuk dalam dokumen perjalanan yang hilang.
  • Hubungi Customer Service asuransi perjalananmu, kemudian isikan formulir klaim dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk proses klaim. Seperti nomor polis, nama, dan identitas lainnya.
  • Jika pengajuan sudah diterima oleh pihak asuransi maka mereka akan melakukan penilaian klaim dengan menyesuaikannya pada polis asuransimu.
  • Apabila pengajuan klaim telah dikonfirmasi maka kamu akan mengisi formulir kesepakatan.
  • Setelah itu klaim kerugian akan dibayarkan oleh pihak asuransi.

Kesimpulan

Asuransi perjalanan luar negeri mengcover kerugian karena kehilangan paspor. Proses pengajuan klaimnya juga mudah, bisa kamu lakukan darimana saja. Maka dari itu penting bagi kamu memiliki asuransi perjalanan terbaik seperti Igloo. Igloo ialah penyedia asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan internasional dengan Diskon hingga 15%, di Igloo proses klaimnya juga mudah kamu cukup hubungi cs.id@iglooinsure.com untuk mendapat bantuan proses klaim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *